Kamis, 08 Desember 2016

1.)    A. Tasawuf
Pengertian akhlak
Akhlak secara  etimologis adalah bentuk jamak  dari khuluq yang berarti  budi pekerti, perangai, tingkah laku atau tabiat. Menurut mirza ghulam ahmad konsep secara praktis dabn bersifat kebiasaan.
Akhlak:
1.      Reaksi dirinya dengan org lain
2.      Manusia dengan makhlulk lain
3.      Manusia dengan allah
Maqom dan ahwal dalm tasawuf
Maqomat merupakan bentik jamak dari maqom mengandung arti kedudukan dan tempat berpijak dua telapak kaki. Dalam ilmu tasawuf maqom berarti kedudukan hamba dalam pandangan allah menurut apa yang di uasahakan berupa riyadhah,ibadah, mujahadah. Sedangkan secara harfiah maqomat berasal dari bahasa arab berarti tempat orang berdiri atau  pangkal mulia. Maqomat yang di sepakati yaitu:
a.       Taubat adalah kembali dari sesuatu  yang di cela oleh syara’ menuju sesuatu yang di puji olehnya.
b.      Zuhud  adalah tidak tertarik terhadap sesuatu dan meninggalkannya.
c.       Sabar adalah suatu keadaan jiwa  yang kokoh, stabil, dan konsekuen dalam pendiria.
d.      Wara’ adalah meninggalkan diri dari perbutan dosa atau maksiat
e.       Faqr adalah sebagai orang yang berhajat, butuh atau org miskin.
f.       Tawakkal adalah menyerahkan diri kepada allah
g.      Ridha adalah  rela dan suka
h.      Mahabbah adalah  mencintai secara mendalam
i.        Ma’rifat adalah  pengetahuan atau pengalaman
      Ahwal  dari segi bahasa artinya  sifat atu keadaan sesuatu.hal-hal yang sering di jumpai  dalam perjalanan kaum sufi antara lain:
a.       Waspada dan mawas diri (menyakini bahwa allah  mengetahiui segala pikiran, perbuatan, rahasia  yang membuat seseorg  menjadi hormat, takut, tunduk kpd Allah SWT.
b.      Cinta(hubb) yaitu pijakan bagi segenap kemuliaan hal.
c.       Berharap dan takut (raja’ dan khauf) adalah perasaan hati yang senang  karena mennti sesuatu yang di inginkan dan di senangi.
d.      Rindu
e.       Intim (uns) adalh sifat merasa selalu  berteman, tak pernah merasa sepi.
Ada  tiga metode  dalam maqom yaitu:
1.      Takhalli
2.      Takholli
3.      Tajalli
Tasawuf di bagi 3 yaitu:
1.      Tasawuf sunni = tasawugf yag lebih mengedepaknkan refleksi manusia, meromantiskan allah dengan makhluk dan semesta alam.
2.      T.amali = tasawuf yang menekankan beribadah kpd allah
3.      T. Falsafi=  yang berpengaruh terhadap refleksi filsafat.
2.)    Ilmu kalam
1.      Dasar-dasar qurani  dan sejarah timbulnya ilmu kalam
a.      Nama dan pengertian ilmu kalam
·         Ilmu ushuluddin yaitu pokok agama
·         Ilmu tauhid yaitu  ilmu yg membahas tentang ke esaan allah swt
·         Al- fiqr al-akbar yaitu ilmu yg membahas tentang hal-hal  yang penting yg berkaitan dg istilah keyakinan /pokok2 agama
·         Teologi islam yaitu ilmu yg membahas tentang persoalan 2 dg tuhan.
Menurut al-farabi ilmu kalam adalah disiplin ilmu yang membahas  tentang zdzt dan sifat 2 allah serta eksistensi semua yg mukmin, mulai yg berkenaan dg masalah dunia sampai sesudah mati yg berlandaskan doktrin islam.
b.      Sumber2 ilmu kalam
·         Al-qur’an yaitu sbg sumber ilmu kalam yg banyak menyinggung hal-hal yang berkaitan dg masalah ketuhanan
·         Hadis yaitu sbg sumber ilmu kalam tentang hadis nabi muhammad saw yg banyak membicarakan masalah 2 untuk menjelaskan hakikat keimanan.dll.
2.      Kerangka berpikir ilmu kalam
Diantara kerangka  berpikir aliran ilmu kalam yaitu:
·         Perbedaan pendapat di dalam obyek teologi sebenarnya berkaitan erat dg cara (metode) berpikir aliran2 ilmu kalam dalam menguraikan objek pengkajian
·         Metode berpikir rasional dan  metode berpikir tradisional
3.      Hubungan ilmu kalam, filsafat dan tasawuf
Ada beberapa hubungan ilmu kalam, filsafat dan tasawuf yaitu:
a.       ilmu kalam, filsafat dan tasawuf., memiliki konsep kajian yang sama.
b.      Dengan hal yg sama yaitu kebenaran
c.       Perbedaanyaterletak pada aspek metodologinya dll.
4.      Tokoh, latar belakang  dan pemikiran kalam khawarij
a.      Khawarij
Kata khawarij secara etimologis  berasal dari b. Arab kharaja yg berarti keluar, timbul atau memberontak.
b.      latar belakang kemunculan khawarij
khawarij dalam terminologi ilmu kalam adalah  suatu kelompok/aliran  pengikut ali bin abi thalib yg keluar meninggalkan barisan karena tidak  sepakat dengan ali yg menerima arbitrase/ tahkim dlm perang shiffin pd tahun37H/648M dengan kelompok bughat( pemberontak) muawiyah bin abi sofyan  perihal persemngketaan khilafah.
c.       Pemikiran  kalam khawarij
-          Khalifah/ imam harus di pilih secara bebas oleh seluruh umat islam
-          Khalifah tidak harus berasal dari keturunan arab
-          Setiap org muslim berhak menjadi khalifah asal sudah memenuhi syarat,dll
5.      Tokoh, latar belakang dan pemikitran kalam murji’ah
a.      Latar belakang kemunculan murji’ah
Murji’ah artinya org yg  menunda penjelasan kedudukan seseorang yang bersengketa, yaitu ali dan muawiyah serta pasukannya pd hari kiamat kelak.
b.      Kemunculan kalam murji’ah
-          Penangguhan keputusan terhadap ali dan muawiyah hingga allah memutuskannya di akhirat kelak.
-          Penangguhan ali  untu menduduki ranking  ke empat dlm peringkat al khalifahalrasyidun.dll
c.       Sekte-sekte murji’ah
-          Al jahmiyah, pengikut jahnm bin shafwan
-          Ash-shalihiyah, pengikut abu musa  ash- shalahiy
-          Al yunushiyyah, pengikut yunus as- samary dll
6.      Tokoh, latar belakang dan pemikiran kalm mu’tazilah
a.      Latar belakang kemunculan mu’tazilah
Secara harfiah kata mu’tazilah berasal dari kata i’tazala yg bererti “berpisah” atau memisahkan diri.
b.      Al-ushul al khomsah: lima ajaran dasar teologi mu’tazilah
-          At-tauhid
-          Al- adl
-          Al-wa’d wa al wa’id
-          Al- manxzilah bain al-manzilatain
-          Al-amr bi al- ma’ruf wa an-nahy’an al munkar
7.      Tokoh, latar belakang dan pemikitran kalam jabariyah
a.      Latar belakang kemunculan jabariyah
Kata jabariyah dari kata jabara yg bererti “memaksa”
b.      Pemikiran kalam jabariyah
v  Jaahm bin shofwan
Diantara pendapat2 jahm berkaitan dg persoalan teologi adalah sebagai berikut:
-          Manusia tidak mampu untuk berbuat apa-apa
-          Surga dan neraka tdk kekal
-          Kalam tuhan adalah makhluk dll
v  Ja’d bin dirham
-          Al qur’an adalah makhluk
-           Allah tidak mempunyai sifat yg serupa dg makhluk dll
v  Al-najjar
-          Tuhan tdk dpt di lihat di akhirat
-           Tuhan menciptakan segala perbuatan manusia , tetapi manusia mengambil bagian  atau peran dlm mewujudkan perbuatan2 itu.
v  Adh-dhirar
-          Tuhan dapat di lihat di akhirat melalui indra ke enam
-          Hujjah yg dpt di terima setelah nabi adalah ijtihad, hadis ahad tdk dpt di jadikan sumber dalam menetapkan hukum.
8.      Tokoh, latar belakang , dan pemikiran kalam qodariyah
a.       Latar belakang kemunculan  qodariyah
Qodariyah berasal dari b. Arab qadaro, yg artinya kemampuan dan kekuatan, menurut kemampuan terminologi, qodariyah adalah aliran yg percaya bahwa segala tindakan  manusia tdk di  intervensi tangan tuhan.
b.      Pemikiran kalam qodariyah
Qodariyah pada dasarnya  menyatakan bahwa segala  tingkah laku manusia di lakukan atas  kehendaknya sendiri,  manusia berkuasa atas perbuatan2nya, manusia yg melakukan, baik atas kehendak maupun kekuasaan sendiri, dan manusia ula yang melakukan atau menjauhi perbuatan2 jahat  atau kemauan dayanya sendiri.
9.      Tokoh, latar belakang dan pemikiran kalm syiah
a.      Pengertian dan latar belakang kemunculan syiah
Syiah menurut bahasa berarti pengikut , pendukung, partai, kelompok. Sedangkan secara terminlogis  ini dikaitkan dg sebagian  kaum muslim yg dalam  bidang spiritual dan keagamaan merujuk pd keturunan nabi muhammad saw atau di sebut ahl al-bait. Dalam perjalanan sejarah , kelompok ini akhirnya terpecah menjadi beberapa sekte diantaranya:
·         Syiah itsna ‘asyariyah( syiah dua belas/ syiah imamiah)
·         Syiah sab’iah (syiah tujuh)
·         Syiah zaidiah
·         Syiah ghulat
10.   Ahl al- sunnah salaf(ibn hanbal & ibn taimiah) dan ahl al-sunnah khalaf( asy’ari dan maturidi)
Salaf (bin hanbal & ibn taimiah)
a.      Pengertian makna salaf
Menurut thablawi mahmud sa’ad, salaf artinya ulama terdahulu, sedangkan menurut mahmud  al-bisbisyi dlm al-firaq al- islamiah mendefinisikan salaf sbg sahabat, tabi’in yg dpt di ketahui dlm sikapnya menampak penafsiran yg mendalam  mengenai sifat2 allah  yg menyerupainya segala  ssatu yg baru untuk menyucikan danmengagungkannya.
b.      Tokoh-tokoh dan pemikirannya
Diantaranya:
A.    Imam ahmad bin hanbal
-          riwayat singkat hidup ibn hanbal
ia di lahirkan di  bagdad tahun 164H/780M, dan meninggal 241H/855M. Ia sering di panggil abu abdillah  karena salah seorang anaknya bernama abdillah.
-          Pemikiran teori ibn hanbal
Ayat2 mutasyabihat, status al qur’an
B.     Ibn taimiah
-          Riwayat singkat ibn taimiah
Nama lengkap ibn taimiah adalah taqiyuddin ahmad bin abi al-halim bin taimiah. Di lahirkan di harran pd hari seni tgkl 10 rabiul awal tahun 661H dan meninggal di penjara pd hari senin tgl 20 dzlqo’dah tahun 729 H, kewafatannya telah menggetarkan  dada seluruh penduduk damaskuds, syam,dan mesir serta kaum muslim pd umumnya.
-          Pemikiran ibn taimiah
Diantaranya:
a.       Sangat berpegang teguh pada nas( al quran dan al- hadits)

b.      Tidak memberikan ruang gerak yg bebas kpd akal.dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar