1.)
A. Tasawuf
Pengertian akhlak
Akhlak secara etimologis adalah bentuk jamak dari khuluq yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku atau
tabiat. Menurut mirza ghulam ahmad konsep secara praktis dabn bersifat
kebiasaan.
Akhlak:
1.
Reaksi dirinya
dengan org lain
2.
Manusia dengan
makhlulk lain
3.
Manusia dengan
allah
Maqom dan ahwal dalm tasawuf
Maqomat merupakan bentik jamak dari
maqom mengandung arti kedudukan dan tempat berpijak dua telapak kaki. Dalam ilmu
tasawuf maqom berarti kedudukan hamba dalam pandangan allah menurut apa yang di
uasahakan berupa riyadhah,ibadah, mujahadah. Sedangkan secara harfiah maqomat
berasal dari bahasa arab berarti tempat orang berdiri atau pangkal mulia. Maqomat yang di sepakati
yaitu:
a.
Taubat adalah
kembali dari sesuatu yang di cela oleh
syara’ menuju sesuatu yang di puji olehnya.
b.
Zuhud adalah tidak tertarik terhadap sesuatu dan
meninggalkannya.
c.
Sabar adalah
suatu keadaan jiwa yang kokoh, stabil,
dan konsekuen dalam pendiria.
d.
Wara’ adalah
meninggalkan diri dari perbutan dosa atau maksiat
e.
Faqr adalah
sebagai orang yang berhajat, butuh atau org miskin.
f.
Tawakkal adalah
menyerahkan diri kepada allah
g.
Ridha
adalah rela dan suka
h.
Mahabbah
adalah mencintai secara mendalam
i.
Ma’rifat
adalah pengetahuan atau pengalaman
Ahwal dari segi bahasa
artinya sifat atu keadaan sesuatu.hal-hal
yang sering di jumpai dalam perjalanan
kaum sufi antara lain:
a.
Waspada dan
mawas diri (menyakini bahwa allah
mengetahiui segala pikiran, perbuatan, rahasia yang membuat seseorg menjadi hormat, takut, tunduk kpd Allah SWT.
b.
Cinta(hubb)
yaitu pijakan bagi segenap kemuliaan hal.
c.
Berharap dan
takut (raja’ dan khauf) adalah perasaan hati yang senang karena mennti sesuatu yang di inginkan dan di
senangi.
d.
Rindu
e.
Intim (uns)
adalh sifat merasa selalu berteman, tak
pernah merasa sepi.
Ada
tiga metode dalam maqom yaitu:
1.
Takhalli
2.
Takholli
3.
Tajalli
Tasawuf di bagi 3 yaitu:
1.
Tasawuf sunni =
tasawugf yag lebih mengedepaknkan refleksi manusia, meromantiskan allah dengan
makhluk dan semesta alam.
2.
T.amali =
tasawuf yang menekankan beribadah kpd allah
3.
T.
Falsafi= yang berpengaruh terhadap
refleksi filsafat.
2.)
Ilmu kalam
1.
Dasar-dasar
qurani dan sejarah timbulnya ilmu kalam
a.
Nama dan
pengertian ilmu kalam
·
Ilmu ushuluddin
yaitu pokok agama
·
Ilmu tauhid
yaitu ilmu yg membahas tentang ke esaan
allah swt
·
Al- fiqr
al-akbar yaitu ilmu yg membahas tentang hal-hal
yang penting yg berkaitan dg istilah keyakinan /pokok2 agama
·
Teologi islam
yaitu ilmu yg membahas tentang persoalan 2 dg tuhan.
Menurut al-farabi ilmu kalam
adalah disiplin ilmu yang membahas
tentang zdzt dan sifat 2 allah serta eksistensi semua yg mukmin, mulai
yg berkenaan dg masalah dunia sampai sesudah mati yg berlandaskan doktrin
islam.
b.
Sumber2 ilmu
kalam
·
Al-qur’an yaitu
sbg sumber ilmu kalam yg banyak menyinggung hal-hal yang berkaitan dg masalah
ketuhanan
·
Hadis yaitu sbg
sumber ilmu kalam tentang hadis nabi muhammad saw yg banyak membicarakan
masalah 2 untuk menjelaskan hakikat keimanan.dll.
2.
Kerangka
berpikir ilmu kalam
Diantara kerangka berpikir aliran ilmu kalam yaitu:
·
Perbedaan
pendapat di dalam obyek teologi sebenarnya berkaitan erat dg cara (metode)
berpikir aliran2 ilmu kalam dalam menguraikan objek pengkajian
·
Metode berpikir
rasional dan metode berpikir tradisional
3.
Hubungan ilmu
kalam, filsafat dan tasawuf
Ada beberapa hubungan ilmu kalam,
filsafat dan tasawuf yaitu:
a.
ilmu kalam,
filsafat dan tasawuf., memiliki konsep kajian yang sama.
b.
Dengan hal yg
sama yaitu kebenaran
c.
Perbedaanyaterletak
pada aspek metodologinya dll.
4.
Tokoh, latar
belakang dan pemikiran kalam khawarij
a.
Khawarij
Kata khawarij secara etimologis berasal dari b. Arab kharaja yg berarti
keluar, timbul atau memberontak.
b.
latar belakang
kemunculan khawarij
khawarij dalam terminologi ilmu
kalam adalah suatu kelompok/aliran pengikut ali bin abi thalib yg keluar
meninggalkan barisan karena tidak
sepakat dengan ali yg menerima arbitrase/ tahkim dlm perang shiffin pd
tahun37H/648M dengan kelompok bughat( pemberontak) muawiyah bin abi sofyan perihal persemngketaan khilafah.
c.
Pemikiran kalam khawarij
-
Khalifah/ imam
harus di pilih secara bebas oleh seluruh umat islam
-
Khalifah tidak
harus berasal dari keturunan arab
-
Setiap org
muslim berhak menjadi khalifah asal sudah memenuhi syarat,dll
5.
Tokoh, latar
belakang dan pemikitran kalam murji’ah
a.
Latar belakang
kemunculan murji’ah
Murji’ah artinya org yg menunda penjelasan kedudukan seseorang yang
bersengketa, yaitu ali dan muawiyah serta pasukannya pd hari kiamat kelak.
b.
Kemunculan
kalam murji’ah
-
Penangguhan
keputusan terhadap ali dan muawiyah hingga allah memutuskannya di akhirat
kelak.
-
Penangguhan
ali untu menduduki ranking ke empat dlm peringkat al
khalifahalrasyidun.dll
c.
Sekte-sekte
murji’ah
-
Al jahmiyah,
pengikut jahnm bin shafwan
-
Ash-shalihiyah,
pengikut abu musa ash- shalahiy
-
Al yunushiyyah,
pengikut yunus as- samary dll
6.
Tokoh, latar
belakang dan pemikiran kalm mu’tazilah
a.
Latar belakang
kemunculan mu’tazilah
Secara harfiah kata mu’tazilah
berasal dari kata i’tazala yg bererti “berpisah” atau memisahkan diri.
b.
Al-ushul al
khomsah: lima ajaran dasar teologi mu’tazilah
-
At-tauhid
-
Al- adl
-
Al-wa’d wa al
wa’id
-
Al- manxzilah
bain al-manzilatain
-
Al-amr bi al-
ma’ruf wa an-nahy’an al munkar
7.
Tokoh, latar
belakang dan pemikitran kalam jabariyah
a.
Latar belakang
kemunculan jabariyah
Kata jabariyah dari kata jabara yg
bererti “memaksa”
b.
Pemikiran kalam
jabariyah
v Jaahm bin shofwan
Diantara pendapat2 jahm berkaitan dg
persoalan teologi adalah sebagai berikut:
-
Manusia tidak
mampu untuk berbuat apa-apa
-
Surga dan
neraka tdk kekal
-
Kalam tuhan
adalah makhluk dll
v Ja’d bin dirham
-
Al qur’an
adalah makhluk
-
Allah tidak mempunyai sifat yg serupa dg
makhluk dll
v Al-najjar
-
Tuhan tdk dpt
di lihat di akhirat
-
Tuhan menciptakan segala perbuatan manusia ,
tetapi manusia mengambil bagian atau
peran dlm mewujudkan perbuatan2 itu.
v Adh-dhirar
-
Tuhan dapat di
lihat di akhirat melalui indra ke enam
-
Hujjah yg dpt
di terima setelah nabi adalah ijtihad, hadis ahad tdk dpt di jadikan sumber
dalam menetapkan hukum.
8.
Tokoh, latar
belakang , dan pemikiran kalam qodariyah
a.
Latar belakang kemunculan qodariyah
Qodariyah berasal dari b. Arab
qadaro, yg artinya kemampuan dan kekuatan, menurut kemampuan terminologi,
qodariyah adalah aliran yg percaya bahwa segala tindakan manusia tdk di intervensi tangan tuhan.
b.
Pemikiran kalam
qodariyah
Qodariyah pada dasarnya menyatakan bahwa segala tingkah laku manusia di lakukan atas kehendaknya sendiri, manusia berkuasa atas perbuatan2nya, manusia
yg melakukan, baik atas kehendak maupun kekuasaan sendiri, dan manusia ula yang
melakukan atau menjauhi perbuatan2 jahat
atau kemauan dayanya sendiri.
9.
Tokoh, latar
belakang dan pemikiran kalm syiah
a.
Pengertian dan
latar belakang kemunculan syiah
Syiah menurut bahasa berarti
pengikut , pendukung, partai, kelompok. Sedangkan secara terminlogis ini dikaitkan dg sebagian kaum muslim yg dalam bidang spiritual dan keagamaan merujuk pd
keturunan nabi muhammad saw atau di sebut ahl al-bait. Dalam perjalanan sejarah
, kelompok ini akhirnya terpecah menjadi beberapa sekte diantaranya:
·
Syiah itsna
‘asyariyah( syiah dua belas/ syiah imamiah)
·
Syiah sab’iah
(syiah tujuh)
·
Syiah zaidiah
·
Syiah ghulat
10.
Ahl al- sunnah salaf(ibn hanbal & ibn
taimiah) dan ahl al-sunnah khalaf( asy’ari dan maturidi)
Salaf (bin hanbal & ibn taimiah)
a.
Pengertian makna
salaf
Menurut thablawi mahmud sa’ad, salaf
artinya ulama terdahulu, sedangkan menurut mahmud al-bisbisyi dlm al-firaq al- islamiah
mendefinisikan salaf sbg sahabat, tabi’in yg dpt di ketahui dlm sikapnya
menampak penafsiran yg mendalam mengenai
sifat2 allah yg menyerupainya
segala ssatu yg baru untuk menyucikan
danmengagungkannya.
b.
Tokoh-tokoh dan
pemikirannya
Diantaranya:
A.
Imam ahmad bin
hanbal
-
riwayat singkat
hidup ibn hanbal
ia di lahirkan di bagdad tahun 164H/780M, dan meninggal
241H/855M. Ia sering di panggil abu abdillah
karena salah seorang anaknya bernama abdillah.
-
Pemikiran teori
ibn hanbal
Ayat2 mutasyabihat, status al qur’an
B.
Ibn taimiah
-
Riwayat singkat
ibn taimiah
Nama lengkap ibn taimiah adalah
taqiyuddin ahmad bin abi al-halim bin taimiah. Di lahirkan di harran pd hari
seni tgkl 10 rabiul awal tahun 661H dan meninggal di penjara pd hari senin tgl
20 dzlqo’dah tahun 729 H, kewafatannya telah menggetarkan dada seluruh penduduk damaskuds, syam,dan
mesir serta kaum muslim pd umumnya.
-
Pemikiran ibn
taimiah
Diantaranya:
a.
Sangat
berpegang teguh pada nas( al quran dan al- hadits)
b.
Tidak
memberikan ruang gerak yg bebas kpd akal.dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar