ARencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas :
XI/I
Materi Pokok : Al- Qur’an Sebagai
Pedoman Hidup
Alokasi Waktu :
9 Jam Pelajaran
1.
Kompetensi Inti
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
2.
Kompetensi
Dasar dan Indikator:
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1
|
1.1 Menyakini adanya kitab-kitab suci Allah SWT
|
|
2
|
2.1 Peduli
kepada orang lain dengan saling menasehati sebagai cerminan beriman kepada kitab-kitab Allah Swt
|
|
3
|
3.1
Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah
Swt
|
3.1.1
Menyebutkan arti Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3.1.2
Menjelaskan kandungan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
|
4
|
3.1 Menyajikan keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah
Swt dengan perilaku sehari-hari
|
3.1.3
Menyebutkan manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan
menerapkannya dalam kehidupan
3.1.4
Menjelaskan manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan
menerapkannya dalam kehidupan
|
3
|
4.1.1
Membaca Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. al-Hujurat (49): 10
sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
|
4.1.1.1 Menjelaskan
hukum Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. al-Hujurat (49): 10 dengan benar.
4.1.1.2 Mendemontrasikan bacaan Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. al-Hujurat (49): 10 dengan
tartil.
|
|
4.1.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. al-Hujurat (49): 10,
dengan lancar
|
4.3.2.1
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Anfal (8): 72 dengan lancar
4.3.2.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Hujurat (49): 12
dengan lancar dengan lancar.
4.3.2.3
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Hujurat (49): 10
dengan lancar
|
3.
TUJUAN
PEMBELAJARAN:
Pertemuan
Pertama
Peserta
didik diharapkan mampu:
1. Menganalisis isi kandungan Q.S. al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10; serta hadits tenkait;
2. Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah),
dan menerapkannya dalam kehidupan.
Pertemuan
Kedua
Peserta
didik diharapkan mampu:
1. Membaca Q.S. al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10; serta hadits tenkait;
2. Mengidentifikasi hukum bacaan tajwid yang
terdapat pada Q.S. al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat (49):
12,
dan al-Hujurat
(49): 10.
Pertemuan
Ketiga:
Peserta
didik diharapkan mampu
menghafal Q.S. al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10; serta hadits tenkait dengan benar.
4.
MATERI PEMBELAJARAN:
Pertemuan
Pertama:
1. Kandungan Q.S. al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10; serta hadits tenkait;
2. Manfaat
dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan)
dan persaudaraan (ukhuwah).
Pertemuan
Kedua:
1. Bacaan Q.S. al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10; serta hadits tenkait;
2. Hukum
bacaan tajwid yang terdapat pada Q.S.
al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10
Pertemuan
Ketiga:
Hafalan Q.S.
al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10; serta hadits tenkait
5.
METODE PEMBELAJARAN:
a.
Scientific Method (metode ilmiah)
b.
Contextual Teaching and Learning
c.
Direct
Instruction (Model Pengajaran Langsung)
2.
MEDIA , ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
a.
Video Pembelajaran
b.
CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
3.
Alat
a.
Komputer
b.
LCD Projector
c.
Kartu berpasangan (matching card) lafadz
dan artinya.
3. Sumber
Belajar
a. Kitab al-Qur’anul Karim dan terjemahnya, Depag RI
b. Kutubus Sittah Hadits Sohih
c. Buku pegangan siswa PAI SMA Kelas X
b.
Buku lain yang memadai.
G.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA (3 JP x 45 menit)
1.
Pendahuluan
(20 Menit)
a.
Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.
Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
c.
Secara bersama bertadarus al-Qur’an (selama 5-10 menit)
d.
Menjelaskan secara singkat materi yang
akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang
akan dicapai.
e.
Menanyakan materi yang pernah diajarkan
(Appersepsi).
2.
Kegiatan
Inti (100 Menit)
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik
melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
·
Mengamati
- Menyimak
bacaan dan mencermati isi kandungan Q.S. al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10
serta hadits terkait.
- Mencermati
manfaat dan hikmah kontrol
diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan
persaudaraan (ukhuwah) melalui tayangan video atau media
pembelajaran lainnya.
·
Menanya
- Menanyakan
tentag isi kandungan Q.S. al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10,
- Menanyakan
manfaat dan hikmah dari kontrol
diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan
persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat pada Q.S. al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10,
serta hadits terkait.
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
- Mendiskusikan
isi kandungan Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 serta hadits
terkait;
- Menganalisis
asbabun nuzul/wurud Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12,
dan al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait.
- Mengidentifikasi
sifat-sifat terpuji yag terkandung pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat
(49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait;
- Menganalisis
manfaat dan hikmah sifa terpuji yang terdapat pada Q.S. al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10
serta hadits terkait.
·
Mengasosiasi
- Membuat
kesimpulan dari isi kandungan Q.S.
al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10
serta hadits terkait.
·
Mengkomunikasikan:
- Menpresentasikan
isi kandungan, manfaat, dan hikmah sifat terpuji yang terdapat pada Q.S. al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 serta
hadits terkait secara individu maupun kelompok;
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang manfaat dan hikmah sifat terpuji yang terdapat pada Q.S. al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10
serta hadits terkait.
3.
Penutup
(15 Menit)
a.
Pendidik
meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10 sebagai penutup
materi pembelajaran;
b.
Pendidik
meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10;
c.
Pendidik
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d.
Pendidik
mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta
didik menjawab salam.
4. Penilaian
a.
Tes (tulis dan lisan)
b.
Non tes (tugas, observasi, dan
portofolio)
Lembar
Penilaian
1.
Tes
-
Tulis
No.
|
Butir – butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Jelaskan isi kandungan Q.S. al-Anfal (8): 72!
|
Ayat ini menjelaskan tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs)
!
|
2.
|
Jelaskan isi kandungan Q.S. al-Hujurat (49): 12!
|
Ayat ini menjelaskan tentang prasangka
baik husnuzzhan)
|
|
Jelaskan isi kandungan Q.S. al-Hujurat (49): 10 !
|
Ayat ini menjelaskan tentang persaudaraan (ukhuwah)
!
|
3.
|
Jelaskan manfaat dan hikmah dari kontrol diri (mujahadah an-nafs)
!
|
Tidak
tergesa-gesa dalam menghadapi sesuatu.
|
4.
|
Jelaskan manfaat dan hikmah dari prasangka baik (husnuzzhan) !
|
Terhindar
dari berburuk sangka,
akan selalu
dihargai dan dihormati orang lain.
|
5.
|
Jelaskan manfaat dan hikmah dari persaudaraan (ukhuwah)
!
|
Beban hidup
akan semakin ringan. Hidup menjadi mudah dan tenteram karena tidak ada musuh.
|
-
Lisan
(mempresantasikan hasil diskusi)
No.
|
Nama Peserta didik
|
Kemampuan Mempresentasikan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
1
|
Amar
|
|
|
|
|
|
2.
2
|
Amir
|
|
|
|
|
|
3.
3
|
Umar
|
|
|
|
|
|
Dst
|
Dst..........................
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Skor Tes lisan :
·
Mempresentasikan
sangat baik = 80 – 90 = A
·
Mempresentasikan
baik =
70 – 79 = B
·
Mempresentasikan
kurang baik =
60 – 69 = C
·
Mempresentasikan
tidak lancar =
50 – 59 = D
·
Tidak
dapat mempresentasikan = kurang dari 50 = E
2.
Non Tes
-
Tugas (mengidentifikasi manfaat dan
hikmah perilaku kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah)
yang terdapat pada Q.S. al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10,
serta hadits terkait Q.S. al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10);
-
Observasi (mengamati perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan)
dan persaudaraan (ukhuwah) terhadap teman sejawat
atau orang lain;
-
Potofolio (tugas dan observasi dikerjakan
di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik)
Instrumen Non Tes
-
Instrumen
Penilaian Sikap
Nama :
………………………………..
Kelas :
……………………………….
Mata Pelajaran :
………………………………
No
|
Sikap yang di amati
yang dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Serius
dalam menerima pelajaran
|
|
|
|
|
|
2
|
Bertanggung
jawab dan teliti dalam menjalankan tugas
|
|
|
|
|
|
3
|
Santun terhadap guru (menghargai)
|
|
|
|
|
|
4
|
Menghargai teman
|
|
|
|
|
|
5
|
Aktif berperan serta dalam proses PBM
|
|
|
|
|
|
6
|
Menggunakan
sapaan dan perkenalan dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
Kriteria
: 4 sangat baik, 3
baik, 2 cukup,
1 kurang
-
Instrumen
Penilaian Keterampilan
Nama :
………………………………..
Kelas :
……………………………….
Mata Pelajaran :
………………………………
No
|
Keterampilan yang di amati
dan dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Aspek
proses
|
|
|
|
|
|
|
·
Mengamati tayangan
|
|
|
|
|
|
|
·
Mengajukan pertanyaan
|
|
|
|
|
|
|
·
Mencoba
|
|
|
|
|
|
2
|
Aspek
Abstrak
|
|
|
|
|
|
|
·
Membaca (menyimak)
|
|
|
|
|
|
|
·
Mengarang
|
|
|
|
|
|
3
|
Aspek
Konkret
|
|
|
|
|
|
|
·
Menggunakan
|
|
|
|
|
|
|
·
Merangkai
|
|
|
|
|
|
|
·
Membuat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria:
4 : Terlibat aktif dari awal sampai
akhir pembelajaran
3 : Terlibat aktif hanya pada
bagian-bagian tertentu
2 : Terlibat namun pasif
a.
:
Tidak terlibat bahkan mengganggu PBM
-
Lisan
(mempresantasikan hasil diskusi)
No.
|
Nama Peserta didik
|
Kemampuan Mempresentasikan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
4.
|
Amar
|
|
|
|
|
|
5.
|
Amir
|
|
|
|
|
|
6.
|
Umar
|
|
|
|
|
|
Dst
|
Dst..........................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : Skor
Tes lisan :
·
Mempresentasikan
sangat baik =
80 – 90 = A
·
Mempresentasikan
baik = 70 – 79 = B
·
Mempresentasikan
kurang baik = 60 – 69 = C
·
Mempresentasikan
tidak lancar = 50 – 59 = D
·
Tidak
dapat mempresentasikan = kurang dari 50 = E
PERTEMUAN
KEDUA (3 JP x 45 menit):
1.
Pendahuluan
(20 Menit)
a.
Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.
Peserta didik menyiapkan kitab suci
al-Qur’an
c.
Secara bersama bertadarus al-Qur’an (selama 5-10 menit)
d.
Menjelaskan secara singkat materi yang
akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang
akan dicapai.
e.
Menanyakan materi yang pernah diajarkan
(Appersepsi)
2.
Kegiatan
Inti (100 Menit)
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik
melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a. Mengamati
- Menyimak
dan mencermati bacaan Q.S. al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10
serta hadits terkait melalui tayangan video atau media pembelajaran lainnya.
b. Menanya
- Menanyakan
tentang cara membaca Q.S. al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10,
- Menanyakan
cara membaca Q.S. al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10,
serta hadits terkait.
c. Mengumpulkan
data/eksplorasi
- Mendiskusikan
cara-cara membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat
(49): 10 serta hadits terkait;
- Mengidentifikasi
hukum bacan pada Q.S. al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10
serta hadits terkait.
d. Mengasosiasi
- Membuat
kesimpulan tentang cara membaca Q.S.
al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat
(49): 10
serta hadits terkait.
e. Mengkomunikasikan:
- Mempraktikkan
cara membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat
(49): 10 serta hadits terkait secara individu maupun kelompok;
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang cara membaca Q.S.
al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat (49):
10
serta hadits terkait.
3.
Penutup
(15 Menit)
a.
Pendidik
meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10 sebagai penutup
materi pembelajaran;
b.
Pendidik
meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10;
c.
Pendidik
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d.
Pendidik
mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta
didik menjawab salam.
H.
PENILAIAN
a.
Tes (tulis dan lisan)
b.
Non tes (tugas, observasi, dan
portofolio)
Lembar
Penilaian
1.
Tes
-
Tes Tulis
No.
|
Butir-butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Tulislah Q.S. al-Anfal (8): 72 !
|
|
2.
|
Tulislah Q.S. al-Hujurat (49): 12 !
|
|
3.
|
Tulislah Q.S. Al-Hujurat (49): 10 !
|
|
4.
|
Lengkapi
kalimat berikut ini !
|
|
5.
|
Tunjukkan
bacaan tajwid pada kata yang bergaris bawah berikut ini !
|
Mad
asli karena ada tanda baca domah berhadapan dengan waw mati
|
|
|
|
-
Tes
Lisan
No.
|
Nama Peserta didik
|
Kemampuan Membaca
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
7.
1
|
Amar
|
|
|
|
|
|
8.
2
|
Amir
|
|
|
|
|
|
9.
3
|
Umar
|
|
|
|
|
|
Dst
|
Dst..........................
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Skor Tes Perbuatan :
·
Membaca
lancar dan baik = 80 – 90 = A
·
Membaca
lancar kurang baik =
70 – 79 = B
·
Membaca
terbata-bata =
60 – 69 = C
·
Membaca
terbata-bata dibantu pendidik =
50 – 59 = D
·
Tidak
dapat membaca = kurang dari 50 = E
2.
Non Tes
-
Tugas (menyalin Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12,
dan al-Hujurat (49): 10);
-
Observasi (mengamati dan
mengidentifikasi hukum bacaan tajwid yang ada pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12,
dan al-Hujurat (49): 10 dengan memberi tanda dan
menjelaskannya)
-
Potofolio (tugas dan observasi
dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik)
Instrumen Non Tes
-
Instrumen
Penilaian Sikap
Nama :
………………………………..
Kelas :
……………………………….
Mata Pelajaran :
………………………………
No
|
Sikap yang di amati
yang dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Serius
dalam menerima pelajaran
|
|
|
|
|
|
2
|
Bertanggung
jawab dan teliti dalam menjalankan tugas
|
|
|
|
|
|
3
|
Santun terhadap guru (menghargai)
|
|
|
|
|
|
4
|
Menghargai teman
|
|
|
|
|
|
5
|
Aktif berperan serta dalam proses PBM
|
|
|
|
|
|
6
|
Menggunakan
sapaan dan perkenalan dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
Kriteria
: 4 sangat baik, 3
baik, 2 cukup,
1 kurang
-
Instrumen
Penilaian Keterampilan
Nama :
………………………………..
Kelas :
……………………………….
Mata Pelajaran :
………………………………
No
|
Keterampilan yang di amati
dan dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Aspek
proses
|
|
|
|
|
|
|
·
Mengamati tayangan
|
|
|
|
|
|
|
·
Mengajukan pertanyaan
|
|
|
|
|
|
|
·
Mencoba
|
|
|
|
|
|
2
|
Aspek
Abstrak
|
|
|
|
|
|
|
·
Membaca (menyimak)
|
|
|
|
|
|
|
·
Mengarang
|
|
|
|
|
|
3
|
Aspek
Konkret
|
|
|
|
|
|
|
·
Menggunakan
|
|
|
|
|
|
|
·
Merangkai
|
|
|
|
|
|
|
·
Membuat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
kriteria:
4 : Terlibat aktif dari awal sampai
akhir pembelajaran
3 : Terlibat aktif hanya pada
bagian-bagian tertentu
2 : Terlibat namun pasif
b.
:
Tidak terlibat bahkan mengganggu PBM
-
Lisan
(mempresantasikan hasil diskusi)
No.
|
Nama Peserta didik
|
Kemampuan Mempresentasikan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Amar
|
|
|
|
|
|
2
|
Amir
|
|
|
|
|
|
3
|
Umar
|
|
|
|
|
|
Dst
|
Dst..........................
|
|
|
|
|
|
Keterangan : Skor
Tes lisan :
·
Mempresentasikan
sangat baik =
80 – 90 = A
·
Mempresentasikan
baik = 70 – 79 = B
·
Mempresentasikan
kurang baik = 60 – 69 = C
·
Mempresentasikan
tidak lancar = 50 – 59 = D
·
Tidak
dapat mempresentasikan = kurang dari 50 = E
PERTEMUAN
KETIGA (3 JP x 45
menit):
1.
Pendahuluan
(20 Menit)
a.
Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.
Peserta didik menyiapkan kitab suci
al-Qur’an
c.
Secara bersama bertadarus al-Qur’an (selama 5-10 menit)
d.
Menjelaskan secara singkat materi yang
akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang
akan dicapai.
e.
Menanyakan materi yang pernah diajarkan
(Appersepsi)
2.
Kegiatan
Inti (100 Menit)
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik
melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a. Mengamati
- Menyimak
dan mencermati bacaan Q.S. al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10
serta hadits terkait melalui tayangan video atau media pembelajaran lainnya.
b. Menanya
- Menanyakan
tentang cara membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat
(49): 10,
- Menanyakan
cara membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat
(49): 10,
serta hadits terkait.
c. Mengumpulkan
data/eksplorasi
- Mendiskusikan
cara-cara membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat
(49): 10 serta hadits terkait;
- Mengidentifikasi
hukum bacan pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat
(49): 10
serta hadits terkait.
d. Mengasosiasi
- Membuat
kesimpulan tentang cara membaca Q.S.
al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10
serta hadits terkait.
e. Mengkomunikasikan:
- Mempraktikkan
hafalan Q.S. al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10
serta hadits terkait secara individu maupun kelompok;
3.
Penutup
(15 Menit)
a.
Pendidik
meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. al-Anfal
(8): 72, al-Hujurat
(49): 12,
dan al-Hujurat
(49): 10
dengan hafan sebagai penutup
materi pembelajaran;
b.
Pendidik
meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10;
c.
Pendidik
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d.
Pendidik
mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta
didik menjawab salam.
H. PENILAIAN
c.
Tes tertulis
d.
Tes
Lisan
Lembar Penilaian
1.
Tes
Tertulis
No.
|
Butir-butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Tulislah Q.S. al-Anfal (8): 72 !
|
|
2.
|
Tulislah Q.S. al-Hujurat (49): 12 !
|
|
3.
|
Tulislah Q.S al-Hujurat (49): 10 !
|
|
2.
Tes
Lisan
(hafalan)
No.
|
Nama Peserta didik
|
Kemampuan Menghafal
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
10.
1
|
Amar
|
|
|
|
|
|
11.
2
|
Amir
|
|
|
|
|
|
12.
3
|
Umar
|
|
|
|
|
|
Dst
|
Dst..........................
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Skor Tes Perbuatan :
·
Menghafal sangat lancar = 80 – 90 = A
·
Menghafal
lancar =
70 – 79 = B
·
Menghafal
terbata-bata =
60 – 69 = C
Menghafal terbata-bata dibantu pendidik = 50 – 59 = D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar