Materi Kuliah
Semester II
1.)
Filsafat Umum
Karakteristik/
ciri berfikir filsafat
a.
Kritis b. Radikal c.
Konseptual d.koheren
e.Rasional f. Komprehensif g.
sistematis h.
Argumentatif
Pengertian
filsafat
Secara etimologis berasal dari philosopia(
yunani). Philos artinya cinta/philia artinya persahabatan, tertarik kepada.
sophos artinya kebijaksanaan, pengetahuan, keterampilan, praktis,
intlegensi.philosopia berarti berarti
cinta akan kebijaksanaan. Ada 3 hal yang mendorong manusia untuk berfilsafat;
1.
koheren/kekaguman
2.
Kesangsian
3.
Kesadaran akan
keterbatasan
Sedangkan
secara terminologis filsafat adalah ilmu
yang berusaha mengkaji objek telaahnya.
a.
Bagi yang
mempelajari manfaatnya: kritis terhadap
persoalan sehari-hari, melatih rasa ingin tahu, membimbing sikap hidup ke agamaan.
b.
Bagi
pengembangan iptek manfaatnya: menentukan objek dan prinsip metodis dari iptek,
memberi dasar penalaran, memperluas cakrawala pertimbangan nilai, memperdalam
pemecahan masalah masing2 cabang ilmu.
Ilmu,
filsafat dan agama
Ilmu
dan pengetahuan
Ø Pengetahuan adalah hasil cerapan indera manusia terhadap semua
fenomena di sekitarnya.
Ø Dapat di hasilkan pengetahuan merupakan hasil tahu, hasil pemahaman
atau hasil cerapan indera manusia terhadap hal/ sesuatu yang di hadapinya
(objek).
Dua
macam pengetahuan
1.
Pengetahuan pra
ilmiah( knowledge)
2.
Pengetahuan
ilmiah
Syarat-syarat
ilmiah
Ilmu
adalah pengetahuan yang memenuhi
syarat2nya:
1.
Objek 3.
sistematis
2.
Metode 4. Universal
Sifat
kebenaran ilmu, filsafat, agama
·
Kebenaran ilmu
bersifat relatif
·
Kebenaran filsafat
bersifat spekulatif
·
Agama bersifat mutlak
Sejarah
filsafat barat
Periodesasi
1.
Zaman kuno(600
sm-400m)
2.
Zaman abad
tengah
3.
Zaman abad
modern
4.
Model abad
sekarang.
1.
Zaman Kuno
Para
filsof alam(pra socrates):
v Thales
v Anaximenes (538-480)
v Phythagoras (580-500 sm)
v Parmenides (540-475 sm)
v Demokritos (460-370)
v Socrates
v Plato
v Aristoteles
Filsafat
pendukung teologi
-
Ajaran agama
harus di jadikan tolak ukur kebenaran
-
Kegiatan
penalaran dan filsafat tidak boleh menghasilkan
kesimpulan yang menggoyahkan keimanan apalagi keimanan.
Filsafat
manusia
Thomas
aquines (1235-1274) filsafat dan
teologi
-
Filsafat
berdasarkan akal
-
Makhluk
berpartisipasi atas wujud tuhan dll.
Cabang
filsafat
1.
Ontologi (
metafisika umum)
2.
Epistimologi (
how/ bagaimana)
3.
Aksiologi (what
for/ untuk apa)
Logika
Adalah
cara untuk memperoleh suatu pengetahuan yang benar. Logika di bagi dua yaitu:
1.
Logika alami
2.
Logika
artifisial
Etika
Bidang
kajian filsafat (pemikiran filosofis) yang terkait dengan persoalan nilai moral
perilaku manusia. Etika di bagi dua yaitu:
1.
Etika
deskriptif
2.
Etika normatif
2.)
Hadits tarbawi
I. KARAKTERISTIK
PENDIDIKAN ISLAM
A.
Definisi
pendidikan islam
Pendidikan dalam bahasa arab merujuk kepada
kata ta’lim, tarbiyah, ta’dib, tardis, irsyad, dan indzat. Kata dasar tarbiyah
ada 3 bentuk:
1.
Rabba –yarubbu
yg berarti tumbuh, bertambah, dan berkembang
2.
Arba-yarba yang
berarti tumbuh menjadi lebih besar, menjadi lebih dewasa.
3.
Rabba- yurabbi
yang berarti mengatur, mengurus dan mendidik.
B.
Tujuan
pendidikan dalam islam
Menurut
hasan langgulung, tujuan pendidikan islam tdk bisa di pisahkan Dari tujuan kehidupan manusia. Akhlak
merupakan tujuan utama pendidikan islam.
أكْمل المؤ منين ايمانا
أحْسَنُهُم خُلُقٌا
Artinya:
“orang
mukmin yg paling sempurna imannya adalah
yang paling baik akhlaknya”. (HR. Abu daud dan imam ahmad)
C.
Dasar filosofis
pendidikan islam
1.
Al- qur’an
2.
Al- hadits
3.
Ijtihad
D.
Perhatian
rasulullah saw pada pendidikan
Pinsip-prinsip aqidah, ilmu amal dalah serambi falsafah
pendidikan islam. Rasulullah saw sangat memperhatikan pendidikan dan mendorong umatnya untuk terus belajar.
E.
Karakteristik pendidikan rasulullah saw
-
Salah satu
faktor penting kejayaan islam yang di jalankan rasulullah saw adalah
karena beliau menjadikan dirinya sebagai
model dan teladan bagi umatnya.
-
Sistem
pendidikan yang dijalankan rasulullah saw kepada para sahabatnya di kala itu
tidak mengeluarkan pengakuan kelulusan
melalui gear pendidikan atau ijazah
-
Bersifat
universal
F.
Tanggung jawab
pendidikan anak dalam islam
وَوَصى بِهَا ابرَاهِيْمُ بنيه و يعقوبُ يَا بَنِي ان الله اصطفى
لَكُمُ الدينَ فَلاَ تَمُو تُن الا و أنْتُمْ مُسْلِمُوْ نَ
“ ibrahim menasihatkan kpd anak-anaknya, dan
demikian juga ya’qub (yaitu),” hai anak-anakku , sesungguhnya allah telah
memilihkan agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati melainkan dalam keadaan
muslim.” (qs. Al- baqoroh:132)
Begitu juga luqman yang menasihatkan kpd anaknya, diwaktu ia
memberi pelajaran kepadanya,” Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan allah,
sesungguhnya mempersekutukan (allah) adalah benar-benar kedzaliman yang besar
“.(luqman:13)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar