Kamis, 08 Desember 2016

Materi Kuliah Semester II
1.)    Filsafat Umum
Karakteristik/ ciri berfikir filsafat
a.       Kritis             b. Radikal                         c. Konseptual                           d.koheren
e.Rasional      f. Komprehensif                      g. sistematis                               h. Argumentatif
Pengertian filsafat
      Secara etimologis berasal dari philosopia( yunani). Philos artinya cinta/philia artinya persahabatan, tertarik kepada. sophos artinya kebijaksanaan, pengetahuan, keterampilan, praktis, intlegensi.philosopia berarti  berarti cinta akan kebijaksanaan. Ada 3 hal yang mendorong manusia untuk berfilsafat;
1.      koheren/kekaguman
2.      Kesangsian
3.      Kesadaran akan keterbatasan
Sedangkan secara terminologis filsafat adalah ilmu  yang berusaha mengkaji objek telaahnya.
a.       Bagi yang mempelajari  manfaatnya: kritis terhadap persoalan sehari-hari, melatih rasa ingin tahu, membimbing  sikap hidup ke agamaan.
b.      Bagi pengembangan iptek manfaatnya: menentukan objek dan prinsip metodis dari iptek, memberi dasar penalaran, memperluas cakrawala pertimbangan nilai, memperdalam pemecahan masalah masing2 cabang ilmu.
Ilmu, filsafat dan agama
Ilmu dan pengetahuan
Ø  Pengetahuan adalah hasil cerapan indera manusia terhadap semua fenomena di sekitarnya.
Ø  Dapat di hasilkan pengetahuan merupakan hasil tahu, hasil pemahaman atau hasil cerapan indera manusia terhadap hal/ sesuatu yang di hadapinya (objek).
Dua macam pengetahuan
1.      Pengetahuan pra ilmiah( knowledge)
2.      Pengetahuan ilmiah
Syarat-syarat ilmiah
Ilmu adalah pengetahuan yang memenuhi  syarat2nya:
1.      Objek                                      3. sistematis
2.      Metode                                   4. Universal
Sifat kebenaran ilmu, filsafat, agama
·         Kebenaran ilmu bersifat relatif
·         Kebenaran filsafat bersifat spekulatif
·          Agama bersifat mutlak
Sejarah filsafat barat
Periodesasi
1.      Zaman kuno(600 sm-400m)
2.      Zaman abad tengah
3.      Zaman abad modern
4.      Model abad sekarang.
1.      Zaman Kuno
Para filsof alam(pra socrates):
v  Thales
v  Anaximenes (538-480)
v  Phythagoras (580-500 sm)
v  Parmenides (540-475 sm)
v  Demokritos (460-370)
v  Socrates
v  Plato
v  Aristoteles
Filsafat pendukung teologi
-          Ajaran agama harus di jadikan tolak ukur kebenaran
-          Kegiatan penalaran dan filsafat tidak boleh menghasilkan  kesimpulan yang menggoyahkan keimanan apalagi keimanan.
Filsafat manusia
Thomas aquines (1235-1274) filsafat dan teologi
-          Filsafat berdasarkan akal
-          Makhluk berpartisipasi atas wujud tuhan dll.
Cabang filsafat
1.      Ontologi ( metafisika umum)
2.      Epistimologi ( how/ bagaimana)
3.      Aksiologi (what for/ untuk apa)
Logika
Adalah cara untuk memperoleh suatu pengetahuan yang benar. Logika di bagi dua yaitu:
1.      Logika alami
2.      Logika artifisial
Etika
Bidang kajian filsafat (pemikiran filosofis) yang terkait dengan persoalan nilai moral perilaku manusia. Etika di bagi dua yaitu:
1.      Etika deskriptif
2.      Etika normatif
2.)    Hadits tarbawi

I. KARAKTERISTIK PENDIDIKAN ISLAM
A.    Definisi pendidikan islam
 Pendidikan dalam bahasa arab merujuk kepada kata ta’lim, tarbiyah, ta’dib, tardis, irsyad, dan indzat. Kata dasar tarbiyah ada 3 bentuk:
1.      Rabba –yarubbu yg berarti tumbuh, bertambah, dan berkembang
2.      Arba-yarba yang berarti tumbuh menjadi lebih besar, menjadi lebih dewasa.
3.      Rabba- yurabbi yang berarti mengatur, mengurus dan mendidik.
B.     Tujuan pendidikan dalam islam
Menurut hasan langgulung, tujuan pendidikan islam tdk bisa di pisahkan  Dari tujuan kehidupan manusia. Akhlak merupakan tujuan utama pendidikan islam.
أكْمل المؤ منين ايمانا  أحْسَنُهُم خُلُقٌا
Artinya:
“orang mukmin  yg paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya”. (HR. Abu daud dan imam ahmad)
C.    Dasar filosofis pendidikan islam
1.      Al- qur’an
2.      Al- hadits
3.      Ijtihad
D.    Perhatian rasulullah saw pada pendidikan
Pinsip-prinsip  aqidah, ilmu amal dalah serambi falsafah pendidikan islam. Rasulullah saw sangat memperhatikan  pendidikan dan mendorong  umatnya untuk terus belajar.
E.     Karakteristik  pendidikan rasulullah saw
-          Salah satu faktor penting kejayaan islam yang di jalankan rasulullah saw adalah karena  beliau menjadikan dirinya sebagai model dan teladan bagi umatnya.
-          Sistem pendidikan yang dijalankan rasulullah saw kepada para sahabatnya di kala itu tidak mengeluarkan  pengakuan kelulusan melalui gear pendidikan atau ijazah
-          Bersifat universal
F.      Tanggung jawab pendidikan anak dalam islam

وَوَصى بِهَا ابرَاهِيْمُ بنيه و يعقوبُ يَا بَنِي ان الله اصطفى لَكُمُ الدينَ فَلاَ تَمُو تُن الا و أنْتُمْ مُسْلِمُوْ نَ
“ ibrahim menasihatkan kpd anak-anaknya, dan demikian juga ya’qub (yaitu),” hai anak-anakku , sesungguhnya allah telah memilihkan agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati melainkan dalam keadaan muslim.” (qs. Al- baqoroh:132)

Begitu juga luqman yang menasihatkan kpd anaknya, diwaktu ia memberi pelajaran kepadanya,” Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan allah, sesungguhnya mempersekutukan (allah) adalah benar-benar kedzaliman yang besar “.(luqman:13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar