Kamis, 08 Desember 2016

PERTEMUAN PERTAMA

1.         Pendahuluan  ( 20 menit )
                                 a.          Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
                                b.          Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayatpilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
                                 c.          Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
                                d.          Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pelajaran.
                                e.          Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
                                  f.          Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.

2.         Kegiatan inti90 menit)
Mengamati
a.    Secara klasikal, peserta didik mencermati bacaan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 yang diperagakan oleh guru atau model atau media/tayangan audio visual
b.    Secara klasikal, peserta didik menyimak penjelasan tentang hokum bacaan mad yang disampaikan oleh guru atau model
c.     Secara berkelompok peserta didikMenyimak dan membaca Q.S.Al-Mujadilah (58):11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 serta hadis tentang semangat menuntut ilmu.
d.    Secara berkelompok peserta didik mengkaji berbagai literatur yang telah disiapkan untuk memahami hukum bacaan mad, yang berkaitan dengan pengertian, cara membaca dan contohnya.
Menanya
a.    Setiap kelompok membuat pertanyaan tentang pentingnya belajar Al-Qur’an, apa manfaat belajar ilmu tajwid, hukum bacaan mad, atau pertanyaan lain yang relevan.
b.    Setiap kelompok mengajukan pertanyaan-pertanyaan tersebut ke kelompok lain. Kelompok lasin menjawab atau atau merespon pertanyaa-pertanyaan tersebut.
c.     Guru memberikan penguatan atas jawaban atau respon dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.
Eksperimen/explore
a.    Secara berkelompok  peserta didik mengidentifikasi hukum bacaan mad yang terdapat pada surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58.
b.    Setiap kelompok mengidentifikasi hukum bacaan mad yang terdapat pada surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58 dan menuliskannya pada kertas karton.
c.     Peserta didik memperhatikan penguatan pemahaman mad yang disampaikan guru melalui media tayangan audio visual.
d.    Setiap kelompok berlatih membaca surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58 secara tartil.
e.    Secara bergiliran masing-masing kelompok mendemontrasikan bacaan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11dengan tartil.
Asosiasi
                                  a.         Secara berkelompok melakukan koreksi terhadap hasil identifikasi hukum bacaan mad yang terdapat pada surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58 dan menuliskannya pada kertas karton.
                                b.          Secara berkelompok mengidentifikasi  dan menganalisis lafaz yang mengandung hukum bacaan mad yang terdapat pada Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
Komunikasi
                                 a.          Masing-masing kelompok menyajikan paparan hasil pencarian hukum bacaan mad dalam Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
                                b.          Setiap kelompok menanggapi paparan hasil pencarian hukum bacaan mad dalam Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 dari kelompok lain.
                                 c.          Setiap kelompok menyusun kesimpulan hasil pencarian hukum bacaan mad dalam Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.

3.         Penutup (10 menit)
                               a.            Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
                              b.            Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
                               c.            Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
-       Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi hukum bacaan mad.
-       Kelompok yang paling baik dalam membaca al-quran.
                              d.            Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
                              e.            Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.

PERTEMUAN KEDUA:

1.         Pendahuluan  (   20   menit )
                                 a.          Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
                                b.          Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayatpilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
                                 c.          Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk pesrta didik.
                                d.          Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pelajaran.
                                e.          Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
                                  f.          Gurumengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berpasangan (dalam jenis kelamin yang sama).

2.         Kegiatan inti90  menit)
Mengamati
a.         Secara klasikal menyimak hafalan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 yang didemontarsikan oleh guru atau model.
b.         Secara klasikal menyimak arti yang terkandung dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11  serta hadis terkait yang disampaikan oleh guru atau model tentang pentingnya menuntut ilmu.
c.          Secara berkelompok saling menyimak hafalan hafalan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 dan arti yang terkandung di dalamnya yang didemonstarsikan oleh model (tutor sebaya)
Menanya
                               a.            Setiap kelompok membuat pertanyaan tentang arti yang terkandung dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11  serta hadis terkait.
                                b.          Setiap kelompok mengajukan pertanyaan-pertanyaan tersebut ke kelompok lain. Kelompok lasin menjawab atau atau merespon pertanyaa-pertanyaan tersebut.
                                 c.          Guru memberikan penguatan atas jawaban atau respon dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.
Eksperimen/explore
a.         Secara berkelompok peserta didik bergantian didik menghafal dan menyimak hafalan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11.
b.         Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan arti kata perkata Q.S.Al-Mujadilah (58):11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33serta hadis terkait dan menyusunya menjadi terjemah secara utuh.

Asosiasi
a.       Secara berkelompok, peserta didik saling memperkuat hafalan Q.S.Al-Mujadilah (58):11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33
b.      Secara kelompok, peserta didik menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahanQ.S.Al-Mujadilah (58):11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 serta hadis terkait.
c.       Game “Maching Card”, dengan cara:
-       Dengan bimbingan guru, peserta didik mengkondisikan kelas untuk game.
-       Guru membagikan secara acak kartu yang telah dipersiapkan yang berisi potongan-potongan Q.S. Ar-Rahman (55):33, atauQ.S.Al- Mujadalah (58):11, atau hadits tentang ilmu pengetahuandan arti dari potongan ayat atau hadits tersebut.
-       (Game Pertama)
Dengan aba-aba guru, peserta didik diminta untuk mencari pasangan potongan-potongan kertas yang veris ipotongan-potongan ayatQ.S. Ar-Rahman (55): 33 dan Q.S.Al- Mujadalah (58): 11 dan artinya yang tersebar di antara mereka
-       (Game Kedua)
-       Dengan aba-aba guru, peserta didik diminta berkelompok sesuai ayat atau hadits masing-masing, dan membentuk satu ayat secara berurutan.
-       (Game Ketiga)
-       Peserta didik diminta melafadzkan potongan ayat / hadits secara berurutan sehingga terbaca satu ayat / hadits yang utuh.
-       Dan seterusnya.

Komunikasi
a.          Secara berpasangan peserta didik mendemontrasikan hafalan dan arti ayat Q.S. Ar-Rahman (55):33, atau Q.S.Al- Mujadalah (58):11, atau hadits tentang ilmu pengetahuan.
b.         Guru memberikan penguatan untuk setiap pasangan.

3.         Penutup (10 menit)
                    a.        Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaran.
                    b.        Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
                    c.        Guru memberikan reward kepada “pasangan terbaik” yang hafal ayat dan mampu mengartikan ayatQ.S. Ar-Rahman (55):33, atauQ.S.Al- Mujadalah (58):11, atauhaditstentangilmupengetahuan.
                    d.        Guru menjelaskanmateri yang akandipelajaripada pertemuan berikutnya.
                    e.        Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.

PERTEMUAN KETIGA:

1.         Pendahuluan  (  20  menit )
                            a.          Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
                           b.          Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayatpilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
                            c.          Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk peserta didik.
                           d.          Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pelajaran.
                           e.          Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
                             f.          Guru mengkondisikan peserta didik untuk membentuk kelompok-kelompok kecil (terdiri 4 – 6 siswa)

2.         Kegiatan inti (   90    menit)
Mengamati
a.         Peserta didikmenelaah berbagai sumber belajar , sebagai dasar memahami makna ayatQ.S. Ar-Rahman (55):33, Q.S.Al- Mujadalah (58):11, dan hadits tentang ilmu pengetahuan.
b.        Peserta didik memperhatikan tayangan film yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.
Menanya
a.       Secara berkelompok, peserta didik membuat pertanyaan tentang makna ayat dan tayangan film, misalnya:
1)         Akhlaq orang yang berilmu pengetahuan.
2)         Manfaat dan hikmah mempunyai ilmu pengetahuan.
3)         Syarat-syarat agar memperoleh ilmu yang bermanfaat.
4)         Nilai-nilai positif yang terdapat pada ayatQ.S. Ar-Rahman (55):33, Q.S.Al- Mujadalah (58):11, dan hadits tentang ilmu pengetahuan
b.      Setiap kelompok mengajukan berbagai pertanyaan tersebut ke kelpompok lain untuk mendapat jawaban atau respon.
c.       Guru memberikan penguatan atas jawaban atau respon terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan

Eksperimen/Eksplorasi
c.         Secara berkelompok peserta didik berdiskusi dengan tema-teman yang berkaitan dengan pemahaman makna ayat dan tayangan film, misalnya:
1)        Akhlaq orang yang berilmu pengetahuan.
2)        Manfaat dan hikmah mempunyai ilmu pengetahuan.
3)        Syarat-syarat agar memperoleh ilmu yang bermanfaat.
4)        Nilai-nilai positif yang terdapat pada ayatQ.S. Ar-Rahman (55):33, Q.S.Al- Mujadalah (58):11, dan hadits tentang ilmu pengetahuan .
5)        Contohperilaku seseorang yang gigih menuntut ilmu.

Komunikasi
a.       Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi tentang kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 serta hadits terkait dan ditanggapi oleh kelompok lain.
b.      Menyusun kesimpulan kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 serta hadits terkaitdan guru memberiakan penguatan
3.         Penutup (10 Menit)
                               1.            Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaran.
                               2.            Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
                               3.            Guru memberikan reward kepada “kelompok terbaik”  hasil diskusi dan presentasinya.
                               4.            Guru menjelaskanmateri yang akandipelajaripada pertemuan berikutnya.

                               5.            Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar