PERTEMUAN PERTAMA
1.
Pendahuluan ( 20 menit )
a.
Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang
peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru
memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayatpilihan (nama surat sesuai dengan program
pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru
memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.
Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif
yang berkaitan dengan materi pelajaran.
e.
Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan
yang akan dicapai.
f.
Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.
2.
Kegiatan inti ( 90 menit)
Mengamati
a. Secara klasikal, peserta didik mencermati
bacaan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 yang diperagakan oleh guru atau model atau media/tayangan audio visual
b. Secara klasikal, peserta
didik menyimak penjelasan tentang hokum bacaan mad yang disampaikan oleh guru
atau model
c. Secara berkelompok peserta didikMenyimak dan
membaca Q.S.Al-Mujadilah (58):11 dan Q.S.
Ar-Rahman (55):33 serta hadis tentang semangat menuntut ilmu.
d. Secara berkelompok peserta didik mengkaji berbagai literatur yang
telah disiapkan untuk memahami hukum bacaan mad, yang berkaitan dengan
pengertian, cara membaca dan contohnya.
Menanya
a. Setiap kelompok membuat
pertanyaan tentang pentingnya belajar Al-Qur’an, apa
manfaat belajar ilmu tajwid, hukum bacaan mad, atau pertanyaan
lain yang relevan.
b. Setiap kelompok mengajukan pertanyaan-pertanyaan tersebut ke kelompok lain. Kelompok lasin menjawab atau atau
merespon pertanyaa-pertanyaan tersebut.
c. Guru memberikan penguatan
atas jawaban atau respon dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.
Eksperimen/explore
a. Secara berkelompok peserta
didik mengidentifikasi hukum bacaan mad yang terdapat pada surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58.
b. Setiap kelompok mengidentifikasi hukum bacaan mad yang
terdapat pada surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58 dan
menuliskannya pada kertas karton.
c. Peserta didik memperhatikan penguatan pemahaman mad yang disampaikan
guru melalui media tayangan audio visual.
d.
Setiap kelompok
berlatih membaca surah ar-Rahman/55:33 dan
surah al-Mujadalah/58 secara tartil.
e.
Secara
bergiliran masing-masing kelompok mendemontrasikan bacaan surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11dengan tartil.
Asosiasi
a.
Secara
berkelompok melakukan koreksi terhadap hasil identifikasi hukum bacaan mad yang
terdapat pada surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58 dan
menuliskannya pada kertas karton.
b.
Secara berkelompok mengidentifikasi dan menganalisis lafaz yang mengandung hukum
bacaan mad yang terdapat pada Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman
(55):33.
Komunikasi
a.
Masing-masing kelompok menyajikan
paparan hasil pencarian hukum bacaan mad dalam Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan
Q.S. Ar-Rahman (55):33.
b.
Setiap kelompok menanggapi paparan hasil pencarian hukum bacaan mad dalam Q.S. Al-Mujadilah
(58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 dari kelompok lain.
c.
Setiap kelompok menyusun
kesimpulan hasil pencarian
hukum bacaan mad dalam Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
3.
Penutup (10 menit)
a.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi
pembelajaran secara demokratis.
b.
Bersama-sama melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada kelompok
“terbaik”, yakni:
-
Kelompok yang benar dalam
mengidentifikasi hukum bacaan mad.
-
Kelompok yang paling baik dalam
membaca al-quran.
d.
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
PERTEMUAN KEDUA:
1.
Pendahuluan ( 20 menit )
a.
Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang
peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru
memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayatpilihan (nama surat sesuai dengan program
pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru
memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk pesrta didik.
d.
Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif
yang berkaitan dengan materi pelajaran.
e.
Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan
yang akan dicapai.
f.
Gurumengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berpasangan
(dalam jenis kelamin yang sama).
2.
Kegiatan inti ( 90 menit)
Mengamati
a.
Secara klasikal menyimak hafalan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 yang
didemontarsikan oleh guru atau model.
b.
Secara klasikal menyimak arti yang terkandung dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis terkait yang disampaikan oleh
guru atau model tentang pentingnya menuntut ilmu.
c.
Secara berkelompok saling menyimak hafalan hafalan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 dan arti
yang terkandung di dalamnya yang didemonstarsikan oleh model (tutor sebaya)
Menanya
a.
Setiap kelompok membuat pertanyaan tentang arti yang terkandung
dalam surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis
terkait.
b.
Setiap kelompok mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tersebut ke kelompok lain. Kelompok lasin menjawab atau atau
merespon pertanyaa-pertanyaan tersebut.
c.
Guru memberikan penguatan atas jawaban atau respon dari
pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.
Eksperimen/explore
a.
Secara berkelompok peserta didik
bergantian didik menghafal dan menyimak hafalan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11.
b.
Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan arti kata perkata Q.S.Al-Mujadilah (58):11 dan Q.S.
Ar-Rahman (55):33serta hadis
terkait dan menyusunya menjadi
terjemah secara utuh.
Asosiasi
a.
Secara berkelompok, peserta didik saling memperkuat hafalan Q.S.Al-Mujadilah (58):11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33
b.
Secara kelompok, peserta didik menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil
penterjemahanQ.S.Al-Mujadilah (58):11 dan Q.S.
Ar-Rahman (55):33 serta hadis
terkait.
c.
Game “Maching
Card”, dengan cara:
-
Dengan bimbingan guru, peserta didik mengkondisikan
kelas untuk game.
-
Guru membagikan secara acak kartu yang telah dipersiapkan
yang berisi potongan-potongan Q.S.
Ar-Rahman (55):33, atauQ.S.Al- Mujadalah (58):11, atau hadits tentang ilmu pengetahuandan arti dari potongan ayat atau hadits tersebut.
-
(Game Pertama)
Dengan aba-aba guru, peserta didik diminta untuk
mencari pasangan potongan-potongan kertas yang veris ipotongan-potongan ayatQ.S. Ar-Rahman (55): 33 dan Q.S.Al- Mujadalah (58): 11 dan artinya yang tersebar di antara mereka
-
(Game Kedua)
-
Dengan aba-aba guru, peserta didik diminta
berkelompok sesuai ayat atau hadits masing-masing, dan membentuk satu ayat
secara berurutan.
-
(Game Ketiga)
-
Peserta didik diminta melafadzkan potongan ayat /
hadits secara berurutan sehingga terbaca satu ayat / hadits yang utuh.
-
Dan seterusnya.
Komunikasi
a.
Secara berpasangan
peserta didik mendemontrasikan hafalan dan arti ayat Q.S.
Ar-Rahman (55):33, atau Q.S.Al- Mujadalah (58):11, atau hadits tentang ilmu pengetahuan.
b.
Guru memberikan penguatan untuk setiap pasangan.
3.
Penutup (10 menit)
a.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaran.
b.
Bersama-sama melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada
“pasangan terbaik” yang hafal ayat dan mampu mengartikan ayatQ.S. Ar-Rahman (55):33, atauQ.S.Al- Mujadalah (58):11,
atauhaditstentangilmupengetahuan.
d.
Guru menjelaskanmateri yang akandipelajaripada pertemuan berikutnya.
e.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
PERTEMUAN KETIGA:
1.
Pendahuluan ( 20 menit )
a.
Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang
peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru
memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayatpilihan (nama surat sesuai dengan program
pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru
memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk peserta didik.
d.
Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif
yang berkaitan dengan materi pelajaran.
e.
Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan
yang akan dicapai.
f.
Guru mengkondisikan peserta didik untuk membentuk
kelompok-kelompok kecil (terdiri 4 – 6 siswa)
2.
Kegiatan inti ( 90 menit)
Mengamati
a.
Peserta
didikmenelaah berbagai sumber belajar , sebagai dasar memahami makna ayatQ.S. Ar-Rahman (55):33, Q.S.Al- Mujadalah (58):11, dan
hadits tentang ilmu pengetahuan.
b.
Peserta
didik memperhatikan tayangan film yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.
Menanya
a.
Secara berkelompok, peserta didik membuat pertanyaan
tentang makna ayat dan tayangan film, misalnya:
1)
Akhlaq
orang yang berilmu pengetahuan.
2)
Manfaat
dan hikmah mempunyai ilmu pengetahuan.
3)
Syarat-syarat
agar memperoleh ilmu yang bermanfaat.
4)
Nilai-nilai
positif yang terdapat pada ayatQ.S. Ar-Rahman (55):33, Q.S.Al- Mujadalah (58):11, dan hadits tentang ilmu pengetahuan
b.
Setiap kelompok mengajukan berbagai pertanyaan tersebut ke kelpompok
lain untuk mendapat jawaban atau respon.
c.
Guru memberikan penguatan atas jawaban atau respon terhadap
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan
Eksperimen/Eksplorasi
c.
Secara
berkelompok peserta didik berdiskusi dengan tema-teman
yang berkaitan dengan pemahaman makna ayat dan tayangan film, misalnya:
1)
Akhlaq
orang yang berilmu pengetahuan.
2)
Manfaat
dan hikmah mempunyai ilmu pengetahuan.
3)
Syarat-syarat
agar memperoleh ilmu yang bermanfaat.
4)
Nilai-nilai
positif yang terdapat pada ayatQ.S. Ar-Rahman (55):33, Q.S.Al- Mujadalah (58):11, dan hadits tentang ilmu pengetahuan .
5)
Contohperilaku
seseorang yang gigih menuntut ilmu.
Komunikasi
a.
Setiap
kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi tentang kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman
(55):33
serta hadits terkait dan
ditanggapi oleh kelompok
lain.
b.
Menyusun
kesimpulan kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 serta hadits
terkaitdan guru memberiakan penguatan
3.
Penutup (10 Menit)
1.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaran.
2.
Bersama-sama melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3.
Guru memberikan reward kepada
“kelompok terbaik” hasil diskusi dan
presentasinya.
4.
Guru menjelaskanmateri yang akandipelajaripada pertemuan berikutnya.
5.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar