Kamis, 08 Desember 2016

Khalaf ahlussunnah (al-asy’ari dan al- maturidi)
A.    Al-asy’ari
1.      Riwayat singkat al asy’ari
Nama lengkap al-asy’ari adalah abu al hasan  ali bin ismail bin ishaq bin bin salim bin ismail bin abdillah bin musa bin bilal bin abi burdah bin abi musa al asy’ari, lahir di basrah pd tahun 260H/875M. Ketika berusia lebih adari 40 th, ia juga hijrah ke bagdad dan wafat di sana pd th 324H/935M.
2.      Doktrin2 teologi al- asy’ari
a.       Tuhan dan sifat2nya
b.      Kebebasabn dlm berkehendak
c.       Akal dan wahyu dan kriteria baik dan buruk dll
B.     Al –maturidi
1.      Riwayat singkat al- maturidi
Abu mansur al maturidi di lahirkan di maturid, di sebuah kota kecil di daerah samarkand wilayah  trmsoxia di asia tengah, di daerah yg sekarang di sebut uzbekistan.
2.      Doktrin2 al-maturidi
a.       Akal dan wahyu
b.      Perbuatan manusia
c.       Kekuasaan dan kehendak mutlak tuhan dll
1.      Pemilkiran kalam modern: Abduh, ahmad khan, dan iqbal
A.    Syekh muhammad abduh
1.      Riwayat hidup singkat muhammad abduh
Nama lengkapnya muhammad bin abduh  bin hasan khairullah di lahirkan di desa mahallat nashr di kabupaten al-buhairah, mesir pd th 1849M.
2.      Pemikiran kalam muhammad abduh
a.       Kedudukan akal dan fungsi wahyu
b.      Kebebasan manusia dan fatalisme
c.       Sifat-sifat tuhan dll.
B.     Sayyid ahmad khan( 1817-1898)
1.      Riwayat hidup sayyid ahmad khan
Lahir di delhi pd th 1817 berasal dari keturunan husein, cucu nabi muhammad saw. Melalui fatimah dan ali. Neneknya sayyid hadi adalah pembesar istana psd zaman alamghir II (1754-1759).
2.      Pemikiran kalam  sayyid ahmad khan
a.       Segala sesuatu di ukur dg kritik rasional
b.      Menolak semua yang bertentangan dg logika dan hukum alam dll.
c.       Muhammad iqbal (1876-1938)
1.      Riwayat hidup muhammad iqbal
Lahir di sialkot  pd th 1876 ia berasal dari keluarga kasta brahman khasmir. Ayahnya bernama nur muhammad yg terkenal saleh dlm beragama.
2.      Pemikiran kalam muhammad iqbal
a.       Hakikat teologi,pembuktian tuhan
b.       Jati diri manusia,dosa dll.
2.      Pemikiran islam masa kini  Hasan Hanafi & Al Faruqi
A.    Hasan hanafi
1.      Riwayat hidup singkat hasan hanafi
Hanafi di lahirkan pd tgl 13 feb 1935 di kairo, berasal dari keluarga musisi, pendidikannya di awali pd th 1948 dg menamatkan pendidikan  tingkat dasar dan meanjutkan studi di  madrasah khalil agha.
2.      Pemikiran  kalam hasan hanafi
a.       Kritik terhadap teiologi tradisional
b.      Rekonstruksi teoogi
B.     Ismail al-faruqi
1.      Riwayat  hidup ismail faruqi
Lahir 1 januari 1921 di jaffa palestina , pendidikan dasarny adi ulai di madrasah lalu melanjutkan pendidikan menengah di college des freses.
2.      Pemikiran kalam al faruqi
a.       Tauhid sbg inti pengalaman agama
b.      Tauhid sbg pandangan dunia dll
3.      Pemikiran kalam  di indonesia : HM. Rasyidi,  harun  dan Nurkholis majid
A.    HM. Rasyidi
1.      Riwayat hidup singkat H.M Rasyidi
Lahir dikota gede , yogyakarta pd 20 mei 1915 atau 4 rajab  1333 H dan wafat  30 januari 2001.
2.      Pemikiran kalam H.M Rasyidi
a.       Tentang perbedaan kalam dan teologi
b.      Tema- tema ilmu kalam
c.       Hakikat iman
B.     Harun nasution
1.       Riwayat hidup singkat H arun nasution
 Lahir pd hari selasa  23 september 1919 di sumatra . ayahnya abdul jabar ahmad adalah seorang ulama yg mengetahui kitab-kitab jawi.
2.      Pemikiran kalam Harun nasution
a.       Peranan akal, pembaharuan teologi
b.      Hubungan akal dan wahyu
C.    Nurkholis Majid
1.      Riwayat hidup Nurkholis majid
Nurkholis majid ( cak nur), lahir pd 17 maret 1937/ 26 muharrom 1358H, di desa majoanyar, jombang jawa timur.
2.      Pemikiran kalam Nurcholis majid
Pemikiran ilmu kalam ini tentang  dunia dan akhirat.
a.       Urusan bumi di serahkan  kpd umat manusia
b.      Membedakan antara hari di dunia  dan hari agama dll.

1.)    Fiqih II
Pernikahan (Munakahat)
A.    Pengertian nikah
Kata nikah berasal dari bahasa  arab yabng berarti bertemu, berkumpul. Sedangkan menurut istilah adalah  suatu ikatan lahir batin antara seorang laki-laki dan perempuan untuk hidu bersama dalam suatu rumah tangga melalui akad yg di lakukan menurut hukum syariat islam.
B.     Hukum nikah
1.      Jaiz (boleh)
2.      Wajib (orang yang mampu/ sanggup menikah
3.      Sunnah ( org uyg sudah mampu menikah namun masih sanggup mengendalikan dirinya dari godaan)
4.      Makruh ( org yg akan melakukan pernikahan dan telah memilkiki keinginan
5.      Haram (org yg akan melakukan perkawinan tetapi ia mempunyai niat yg buruk.
C.    Tujuan nikah
1.      Untuk memperoleh kebahagiaan dan ketengangan hidup
2.      Memina rasa cinta dan kasih sayang, dll
D.    Rukun nikah dan syaratnya
1.      Calon suami: beragama islam, atas kehendak sendiri,bukan muhrim, tdk sedang ihram haji
2.      Calon istri: beragama islam, tdk terpaksa,bukan muhrim dll
3.      Adanya  wali: mukallaf,laki-laki merdeka, adil dll
4.      Adanya dua org saksi
5.      Adanya ijab dan qobul
Penyebab wanita yg haram di nikahi
1.      Wamita yagng haram di nikahi karena keturunan
2.      Karena hubungan sesusuan
3.      Karena mempunyai pertalian muhrim dg istri
Wali nikah di bagi 2 yaitu:
1.      Wali nasab (wai yg mempunyai pertalian darah dg mempelai wanita  yg akan di nikahkan)
2.      Wai hakinm ( seorg kepal a negara yg beragama islam)
Kewajiban suami istri
Kewajiban suami:
a.       Memberi nafkah, pakaian dan tempat tingga kpd istri dan anak-anaknya.
b.      Memimpin keluarga, dengan cara membimbing dll
Kewajiban istri
a.       Patuh dan taat kpd suami
b.      Memelihara dan menjaga kehormatan diri dan keluarga serta harta benda suami
c.       Mengatur rumah tangga dengan baik, dll.
Jual Beli
1.      Pengertian jual beli
Menurut bahasa  jaul beli adalah pertukaran sesuatu dg sesuatu yg lain. Sedangkan menurut istilah adalah pertukaran harta/benda dengan harta/ benda yg lain berdasarkan  cara khusus yang di bolehkan.
2.      Landasan syara’
a.       Al-qur’an
b.      As- sunnah
c.       Ijma’
3.      Rukun & pelaksanaan  jual beli
a.       Ba’i ( penjual)                         c. Shighat ( ijab dan qobul)
b.      Mustari ( pembeli)                               d.  benda atau barang
4.      Syarat jaul beli
a.       Syarat terjadinya akad                        c. Syarat terlaksananya akad
b.      Syarat sahnya akad                 d. Dan syarat lujum
5.      Hukum ( ketetapan) bai’ beserta pembahasan barang dan harga
1.      Hukum (ketetapan akad)
2.      Tsaman (harga) dan mabi’(barang)
6.      Hukum dan sifat jual beli
a.       Jual beli yang sah ( memenuhi ketentuan syara’)
b.      Jual beli tdk sah (jual beli yg tidak memenuhi saah satu syarat dan rukunya)
7.      Jual beli yang di larang islam
a.       Terlarang sebanb ahliyah (ahli akad)
b.      Terlarang sebab sighat
c.       Terlarang sebab ma’qud alaih (barang jualan)
d.      Terlarang sebab syara’
8.      Macam-macam jual beli
a.       Jual beli saham
b.      Jual beli barter, dll
Gadai
1.      Pengertian Gadai (rahn)
Menurut etimologi gadai adalah tetap atau lama. Sefangkan menurut terminologi yaitu penahanan terhadap suatu barang  dg hak sehingga dpt di jadikan sbg pembayaran dari barang tersebut.
2.      Landasan rahn
Alqur’an dan as- sunnah
3.      Hukum rahn
Para ulama sepakat  bahwa rahn di bolehkan, tetapi tdk di wajibkan sebab gadai hanya jaminan  saja jika kedua pihak  tdk saling mempercayai.
4.      Rukun rahn dan syarat rahn
a.       Rahin ( org yg memberi jaminan)                    a. Persyaratan aqid
b.      Al- murtahin (org yg menerima)                     b. Syarat sighat
c.       Al-marhun (jaminan)                                       c.  Syarat marhun bih (utang)
d.      Al-marhun nih (utang)                                                d. Syarat marhun (borg)
5.      Rukun rahn dan dampaknya
a.       Sahih (rahn yg memenuhi persyaratan)
b.      Ghair shahih (fasid) adalah yang tidak memenuhi persyaratan
Dampaknya:
a.       Adanya utang untuk rahin
b.      Hak menguasai borg
c.       Menjaga barang gadaian, dll.
Perkongsian (syirkah)
1.       Pengertian syirkah
secara etimologi syirkah/ perkongsian adalah percampuran yakni  bercampurnya salah satu dari dua harta dg harta lainnya  tanpa dapat di bedakan antara keduanya. Sedangkan secara terminologi adalah  ungkapan tentang adanya transaksi (akad) antara dua org  yg bersekutu pd pokok  harta dan keuntungan.
2.      Pembagian perkongsian
a.       Perkongsian amlak ( dua org/lebih yg memilki barang tanpa adanya akad)
b.      Perkongsian uqud ( dua org/lebih untuk bersekutu dalam harta dan keuntungannya.
3.      Hal yang membatalkan syirkah
a.       Pembatalan syirkah secara umum
-          Meninggalnya salah seorang syarik
-          Pembatalan dari salah seorang yg bersekutu dll.
4.      Hukum ketetapan syirkah
-          Berbentuk mufawidhah
-          Berbentuk ‘inan
-          Pembagian laba

-          penanggung kerugian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar