KUMPULAN MATERI
MATA KULIAH PAI SEMESTER 1 s/d 5.
Materi Kuliah Semester I
1.)
PLSBT (Pendidikan
Lingkungan Sosial Budaya & Teknologi)
Dr. H. Wawan Sonjaya, M.Pd
a)
Pengertian,
tujuan, ruang lingkup IAD,ISD,IBD
IAD
= Ilmu alam dasar
ISD
= Ilmu sosial dasar
IBD
= Ilmu budaya dasar
b)
Perkembangan
pola pikir manusia
c)
Konsep dasar
tentang materi & energi alam semesta
d)
Peranan IPA
teknologi dlm kehidupan
e)
Masalah
individu keluarga & masyarakat
f)
Masyarakat
pedesaan & perkotaan
g)
Pelapisan
sosial & persamaan derajat
h)
Pertentangan
sosial & integrasi masyarakat.
i)
Manusia cinta
kasih dan keindahan
A.
) Pengertian, tujuan , ruang lngkup, IAD,ISD&IBD
v PLSBT = Suatu kegiatan terhadap masalah-masalah lingkungan, sosial,
budaya & teknologi secara sainstifik-komprehensif-general-integral dlm
perspektif pendidikan di carikan
alternatif pemecahannya.
IAD = Ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan pengetahuan
yang mengkaji tentang gejala-gejala dlm alam semesta termasuk di muka bumi ini
sehingga terbentuk konsep dan prinsip.
ISD = Suatu program pembelajaran baru yang di kembangkan di
perguruan tinggi.
IBD = Masalah yg berkaitan dg kemanusiaan & kebudayaan.
B.
) Perkembangan pola pikir manusia
Menurut Abu ahmadi
ilmu pengetahuan dapat di bagi dlm tiga lapangan pengetahuan yakni pengetahuan
alamiah, sosial, dan budaya yg masing-masing terbagi dlm sejumlah bidang
keahlian atau di siplin ilmu.
·
Ilmu Alamiah
Dasar
-
Memusatkan
perhatiankonsep umum, asas-asas & pendekatan dlm menanggapi kenyataan2 yg
diwujudkan oleh lingkungan alam dg memanfaatkan pengetahuan keahlian dlm
ilmu-ilmu alamiah.
Ruang Lingkup dr IAD
-
Memperkenalkan
konsep-konsep dasar dlm IPA
-
Ipa dan
perkembanngan teknologi
-
Dampak perkembangan IPA & teknologi
Tujuan Kegunaan IAD
-
Memperkenalkan
konsep-konsep dasar dlm IPA
-
Memberikan
wawasan pengetahuan, pengertian & apresiasi terhadap objek & cara-cara
pendekatan dlm IPA & Teknologi,dll.
·
Ilmu Sosial
Dasar
-
Memusatkan
perhatian pd kenyataan sosial terutama yg di wujudkan masyarakat indoneia.
Ruang lingkup ISD
-Adanya berbagai aspek pd
kenyataan bersama yg merupakan suatu
masalah sosial.
- adanya beraneka ragam golongan & kesatuan dlm masyarakat yg
mempunyai kepentingan & kebutuhan.
Tujuan Kegunaan ISD
-
Membantu
perkembangan wawasan pemikiran dan
kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yg lebih luas.
·
Ilmu budaya
dasar
-
Memusatkan
perhatian pd usaha memperoleh pengertian mengenai hakikat dan harkat manusia
serta nilai-nilai budaya yg dikembangkannya.
Ruang lingkup IBD
-
Berbagai aspek
kehidupan yg merupakan ungkapan masalh kemanusiaan & budaya yg dpt didekati
dg pengetahuan budaya baik dr segi keahlian maupun antar bidang di siplin.
-
Hakikat manusia
yg universal tetapi beraneka ragam perwujudannya dlm kebudayannya masing2.
Tujuan & kegunaan IBD
-
Untuk pembentukan & pengembangan kepribadian serta
perluasan wawasan perhatian, pengetahuan dan pemikiran mengenai berbagai gejala yg ada.
C.
) Konsep dasar
materi, energi & alam semesta
Sifat-sifat materi
*materi suatu objek yg memiliki ruang dan masa
*sifat & perubahan fisik
*sifat & perubahan kimia
Klasifikasi materi
-
Setiap materi
merupakan zat murni
-
Suatu materi yg
berupa zat adalah unsur dan senyawa
-
Bila materi
berupa campuran maka materi ini bersifat homogen/ heterogen,dll.
Energi
Adalah suatu objek yg memiliki energi jika dapat menyebabkan
perubahan sesuatu, be rubah dari suatu bentuk kebentuk yg
berbeda.
Klasifikasi energi
-energi kinetik: karena gerakan( motion)
-energi potensial : karena kedudukan
-energi listrik: karena aliran arus listrik dll
§ Masa: menyatakan jumlah materi yg ada pd suatu benda dan bersifat
tetap
§ Berat: menyatakan gaya gravtasi bumi terhadap benda dan bergantung
pd letak benda.
Teori jagad raya mengembang
Menurut Georges
Henry Lemaitre di dukung oleh edwin Hubble menurut teori ini jagad raya
bergerak saling menjauh sehingga mengembang menjadi luas.
Teori keadaan tetap
Fred Hoyle adalah materi baru (hidrogen) di ciptakan
setiap saat untuk mengisi ruang kosong yg timbul dari pengembangan jagad raya.
Komponen Jagad Raya
Galaksi : sebuah sistem perbintangan yg maha luas yg di dlmy
terdapat jutaan bintang beserta benda-benda langit lainnya sbg anggota yg
beredar mengelilingi pusat dengan gerakan yg teratur.
Bintang: benda langit yg mempunyai cahaya sendiri akibat reaksi
inti ddlmy.
Tata Surya
Sekelompok benda
langit yg terdiri atas matahari yg di kelilingi planet-planet beserta
satelitnya,asteroid, komet dll.
D.
) Peranan Ipa
& Teknologi dlm kehidupan Manusia
·
Kebutuhan pokok
manusia
·
Sumber daya
alam
·
Sumber daya
manusia
·
Komunikasi dan
transportasi
·
peningkatan
kesehatan
·
pencapaian
kemakmuran
Peranan
IPA & teknologi dlm kebutuhan pokok manusia:
v Pangan
-Dampak
positif
§ Penemuan bibit unggul menungkatkan produksinya.
§ Digunakannya mekanisme pertanian untuk memanen
§ Digunakannya cara pemupukan yg tepat serta digunakan bakteri
sehingga produksi bertambah
v Sandang pangan (pakaian)
-Dampak
positif
§ Menolong manusia dalam pengadaan sandang dg adanya mesin tekstil
sehingga mempercepat proses pembuatan pakaian.
§ Telah ditemukannya serat sintesis, seperti poliester.
§ Dengan serat sintesis pembuatan tekstil dapat dilakukan secara
besar-besaran.
-Dampak negatif
§ Bahan-bahan yg berupa poliner sintesis (plastik) jika menjadi sampah tidak dapat di hancurkan
oleh bakteri.
§ Sampah plastik jika di bakar akan menyebabkan menipisnya ozon,
tetapi jika tidak di bakar dapat mencemarkan tanah sehingga mencemarkan tanah
sehingga mengurangi kesuburan tanah
v Pakan (tempat tinggal)
-Dampak positif
§ Dengan menerapkan teknologi maju manusia mampu membangun rumah dan
gedung-gedung pencakar langit.
-Dampak negatif
§ Dengan peralatan modern, dengan mudah mengeksploitasi hasil hutan
untuk keperluan papan, mengakibatkan hutan gundul dan ahirnya menyengsarakan
manusia sendiri.
§ Dengan di terapkannya teknologi modern tenaga manusia banyak yg tdk
terpakai lagi,banyak terjadi pengangguran (mawardi 115-116)
E.
)Masalah
individu keluarga & masyarakat
Individu
:
-
diartikan sebagai seorang manusia yang tidak
dapat dipisahkan antara jiwa dan raga.
-
Manusia sebagai
individu juga diartikan tiap-tiap orang itu merupakan pribadi yang khas menurut
corak kepribadianya termasuk kecakapan dan kelahirannya.
-
Menurut Sigmud
Freud dalamSoewaryo Wangsa Negara (1986:26) pribadi manusia sudah mulai
terbentuk pada saat mnusia berumur 5-6 tahun.
Keluarga :
-
Kelompok orang
yang terdapat hubungan darah/ terbentuk karena perkawinan (Abu Ahmad :1991:95).
-
Adalah satuan
sosial terkecil yang di punyai manusia.
Fungsi Keluarga :
-
Perbentukan
kepribadian
-
Alat reproduksi
kepribadian
-
Keluarga
merupakan eksponen kebudayaan masyarakat keluarga dalah jenjang dan perantara
dalam transimisi kebudayaan.
-
Sebagai
perkumpulan perekonomian
-
Pusat
pengasuhan dan pendidikan (Sowewaryo Wongsonegara 1966: 30)
Masyarakat :
-
Menurut Selo
Sumarjan (1974) masyarakat adalah orang yang hidup bersama yang menghasilkan
kebudayaan
-
Menurut
Koentjaraningrat (1994) masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang
berinteraksi menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinyu
dan terikat oleh suatu rasa in=dentitas yang sama.
-
Paul B. Horton
dan C. Hunt adalah kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama
dalam waktu yang lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan
sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok.
F.
) Masyarakat
pedesaan & perkotaan
G.) Pelapisan Sosial Dan Persamaan Derajat
A.
Sorokin , A.
Ahmadi: Pelapisan masyarakat adalah perbedaan penduduk atau masyarakat ke dalam
kelas-kelas yg tersusun secara bertingkat (Hierarchis).
Pelapisan masyarakat di bagi dua yaitu:
1.
Pelapisan
masyarakat terbuka
2.
Pelapisan masyarakat
tertutup
1.)
Pelapisan
sosial
Pelapisan sosial ciri
tetap kelompok sosial :
1.
Jenis kelamin
2.
Kelompok
pemimpin
3.
Pemimpin
4.
Orang yg di
luar kasta
5.
Pekerja
6.
Perbedaan
ekonomi
Ada pelapisan yg di sengaja dan
tidak di sengaja
·
Pelapisan yg
disengajaEx: pekerjaan
·
Pelapisan yg
tidak di sengaja
Terjadinya pelapisan sosial
-
Terjadi dengan sendirinya
-
Terjadi dengan
sengaja ex: organisasi-organisasi yg terstruktur majelis ta’lim dll.
Perbedaan pelapisan menurut sifatnya:
-Sistem pelpisan masyarakat tertutup
ex: india dengan kasta brahmana tidak bisa pindah kerakyat jelata dan tidak
bisa pindah kekasta yang lain.
-sistem masyarakat terbuka ex:
indonesia
H. ) Perbedaan Kepentingan
Pertentangan Sosial dan Integrasi Masyarakat
Perbedaan Kepentingan:
a.
Kepentingan individu untuk memperoleh kasih sayang
b.
Kepentingan
manusia untuk memperoleh harga diri
c.
Kepentingan
manusia untuk memperoleh penghargaan yang sama
d.
Kepentingan
manusia untuk memperoleh prestasi dan posisi
e.
Kepentingan
individu untuk di butuhkan orang lain
f.
Kepentingan
individu untuk memperoleh kedudukan di dalam kelompoknya
g.
Kepentingan
individu untuk memperoleh rasa aman dan perlindungan diri.
h.
Kepentingan
individu untuk memperoleh kemerdekaan diri
Fase disintegrasi (kebersamaan) ini
memiliki tahapan (Menurut Walter W. Martin dkk).
1.
Ketidaksepahaman
anggota kelompok dengan tujuan yang di capai
2.
Norma sosial
tidak membantu dalam mencapai tujuan yang di sepakati
3.
Norma yang
telah di hayati bertentangan satu sama lain dll.
Prasangka, Diskriminasi, dan
Ethosentris.
Prasangka dan diskriminasi dapat
merugikan pertumbuh kembangan dan bahan integrasi masyarakat.
Perbedaan Prasangka Dan Diskriminasi
·
Prasangka
adalah sifat negatif terhadap sesuatu
Sebab Timbulnya Prasangka dan
Diskriminasi
·
Berlatar
belakang sejarah di latar belakangi oleh
perkembangan sosiokultural dan situsional bersumber dari faktor kepribadian,
dari perbadaan keyakinan dan agama.
Usaha Untuk Mengurangi Prasangka dan
Diskriminasi
·
Dapat dilakukan
dengan perbaikan kondisi sosial dan ekonomi, pemerataan pembangunan, dan usaha
peningkatan pendapatan bagi WNI yang masih di bawah garis kemiskinan.
·
Ethnosentris
adalah anggapan suatu bangsa/ ras cendrung menganggap kebudayaan mereka sebagai
suatu yang prima, riil, logis, sesuai dengan kodrat alam.
Konflik dan Integrasi Sosial
Konflik menimbulkan kekerasan
-
Pengertian -
pengertian
-
Fakta-fakta -
teori- teori
-
Macam-macam -
bentuk
Pengendalian Konflik
·
Konsiliasi
·
Mediasi
·
Arbritasi
v Konflik
Suatu proses sosial antara dua orang atau lebih yang berusaha
menyingkirkan pihak lain dengan jalan menghancurkan atau membentuknya tidak
berdaya.
v Faktor-faktor Penyebab Konflik
a.
Perbedaan
individu
b.
Perbedaan latar
belakang
c.
Perbedaan
kepentingan
d.
Perubahan-perubahan
nilai yang cepat
3. Dahrendolf membedakan konflik
menjadi 5 yaitu:
a.konflik dalam peran sosial
b. konflik antar kelompok, dll.
Kekerasan
Konflik-konflik sosial yang tidak
terkendali oleh masyarakat atau mengabaikan sama sekali norma dan nilai-nilai
sosial yang ada sehingga terwujud
tindakan merusak (destruktif)
3 syarat agar konflik menjadi
kekerasan:
-
Masing-masing
kelompok akan menyadari akan adanya situasi konflik diantara mereka dan perlu
dilaksanakan prinsip-prinsip keadilan secara
jujur.
-
Pengendalian
konflik-konflik tersebut hanya mungkin di lakukan apabila berbagai kekuatan
sosial yang saling bertentangan itu
terorganisir dengan jelas.
-
Setiap kelompok
yg terlibat konflik di dalamnya.
Integrasi berasal dari bahasa
inggris “integration” yang berarti kesempurnaan/ keseluruhan.
Faktor-faktor terjadinya konflik
-
Faktor internal
-
Faktor
eksternal.
I.)
Manusia Cinta
Kasih dan Keindahan
·
Cinta adalah
rasa sangat suka (kepada) / rasa sayang/ rasa sangat kasih/ sangat tertarik
hatinya.
·
Kasih adalah
perasaan sayang atau cinta ( kepada) atau menaruh belas kasihan.
·
Cinta kasih
adalah sebagai persaan suka (sayang)
kepada seseorang yang di sertai dengan menaruh belas kasihan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar